Jumat, 24 Maret 2023
  • kontak
  • beriklan
  • privasi
  • perihal
wartakita.id
  • BERANDA
  • PERUBAHAN IKLIM
  • DUKUNG UMKM
  • KONTAK
  • LAYANAN
No Result
View All Result
wartakita.id
  • BERANDA
  • PERUBAHAN IKLIM
  • DUKUNG UMKM
  • KONTAK
  • LAYANAN
No Result
View All Result
wartakita.id
No Result
View All Result
ads ads ads
Home Artikel

Riset UMKM: Tokopedia Berikan Omzet Penjualan Terbesar

15 Agustus 2021
in Artikel
Reading Time: 2 mins read
A A
Riset UMKM: Tokopedia Berikan Omzet Penjualan Terbesar
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Wartakita.id – Fakta, bahwa UMKM yang bertahan di masa pandemi sebagian besar telah mengadopsi ekosistem digital, termasuk menggunakan platform ecommerce. Menurut riset terbaru, Tokopedia merupakan platform yang mampu memberikan omzet penjualan terbesar.

Hal ini terungkap dalam riset Tempo Data Science (TDS) tentang praktik e-commerce di Indonesia periode Mei – Juli 2021. Riset tersebut dipaparkan dalam webinar Mendorong Transformasi Digital UMKM Melalui E-Commerce di channel YouTube Tempo, Jumat, 13 Agustus 2021.

Perawatan Berkala Ini Sebaiknya Dilakukan Sendiri Oleh Pemilik Mobil

Memahami Infrastruktur yang Dibutuhkan untuk Mobil Listrik di Indonesia

Banyak Tertipu RESI PAKET ternyata Install Aplikasi .APK (android) Untuk Mutasi Rekening

Survei TDS mengungkap jika platform digital Tokopedia dan Shopee adalah dua marketplace paling populer di kalangan UMKM yang memasarkan produknya secara online. Namun di antara keduanya, Tokopedia menjadi pilihan utama. Popularitas dua marketplace ini lebih menonjol, yakni sama-sama 99 persen dibanding kompetitornya.

Dari sisi kualitas top of mind (TOM), yakni merek yang ‘berada di ujung lidah’, terungkap bahwa Tokopedia menjadi pilihan utama yakni 35 persen, bersaing ketat dengan Shopee (34 persen), diikuti Bukalapak (13 persen), Lazada (7 persen), Blibli (7 persen) dan JD.ID (3 persen).

Survei melalui penelitian kuantitatif menggunakan kuesioner terstruktur dalam format online ini juga menempatkan Tokopedia sebagai penghasil omzet penjualan terbesar bagi penjual, yakni dipilih 36 persen pelaku UMKM, diikuti Shopee (32 persen), Bukalapak (14 persen), Lazada (8 persen), Blibli (7 persen) dan JD.ID (3 persen).

“E-commerce yang memberikan frekuensi transaksi tersering juga ditempati Tokopedia (35 persen), Shopee (33 persen), Bukalapak (13 persen), Lazada (9 persen), Blibli (7 persen) dan JD.ID (3 persen),” ujar peneliti TDS, Ai Mulyani.

Ditambahkan Ai, untuk bisa bertahan dan berkembang, selama pandemi, sebagian besar (82 persen) UMKM berusaha mengoptimalkan aktivitas penjualan online melalui outlet mereka di platform e-commerce dan juga lapak di media sosial.

Survei ini dipertegas oleh pernyataan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Menurutnya, di era pandemi ini, UKM yang berbisnis dengan memanfaatkan teknologi digital justru tumbuh signifikan.

Menteri Teten mengatakan, yang selama ini terdampak pandemi ini adalah UMKM yang terkait kegiatan perkantoran, sekolah, industri.

“Karena WFH (work from home), usaha mereka terhenti, kebanyakan di sektor makanan dan minuman. Ada UMKM yang masih bisa berjualan namun omzetnya turun. Di luar itu, yang tumbuh UMKM yang terhubung ke platform digital,” ujar Teten

Pengamat ekonomi digital, Aviliani, menilai model bisnis UMKM memang harus berubah. Ia mendorong pemerintah membuat berbagai regulasi agar UMKM lebih bernilai tambah, lalu bisa naik kelas. Menurutnya baru sekitar 13 persen UMKM yang terhubung platform digital, dan angka ini termasuk kecil sekali.

Tags: ecommerceEkonomiUMKM

ARTIKEL TERKAIT

Toyota Raih Tiga Penghargaan Top Brand Award 2017
Artikel

Perawatan Berkala Ini Sebaiknya Dilakukan Sendiri Oleh Pemilik Mobil

4 Maret 2023
Artikel

Memahami Infrastruktur yang Dibutuhkan untuk Mobil Listrik di Indonesia

3 Maret 2023
Banyak Tertipu RESI PAKET ternyata Install Aplikasi .APK (android) Untuk Mutasi Rekening
TurnBackHoax

Banyak Tertipu RESI PAKET ternyata Install Aplikasi .APK (android) Untuk Mutasi Rekening

5 Desember 2022
Berita

POCARI SWEAT BINTANG SMA 2022 KEMBALI DIGELAR,

7 September 2022
Artikel

Red Bull Basketball Championships 2022

2 September 2022
Sudah Ada yang Inden Sebelum Avanza Veloz Launching
Artikel

Sudah Ada yang Inden Sebelum Avanza Veloz Launching

3 Desember 2021
https://www.youtube.com/watch?v=X4SEeEg658w

ESAI REDAKSI

Asib Ali Bhore

Belikan Anak-Anak Komputer, Informatika Nanti Jadi Kebutuhan Manusia Keempat

Agama dan Kejadian Alam

Tidak Terlalu Cepat Untuk Lailatul Qadr

Vaatu dan Raava

  • kontak
  • beriklan
  • privasi
  • perihal

© 2021 wartakita media

  • Login
  • Sign Up
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • PERUBAHAN IKLIM
  • DUKUNG UMKM
  • KONTAK
  • LAYANAN

©2021 wartakita media

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In