Wartakita.id, MAKASSAR – Kebutuhan pelanggan dan masyarakat Indonesia atas layanan berbasis Data digital terus meningkat dari tahun ke tahun. Sebaliknya, layanan tradisional berupa voice dan SMS terus menurun trafik penggunaannya tersebut menunjukkan luasnya masyarakat Indonesia yang merasakan manfaat layanan Data, termasuk mereka yang bermukim di pelosok daerah.
Karena itu, inisiatif XL kualitas di sepanjang tahun 2016 akan terus berlanjut di tahun 2017. Secara rata-rata kualitas koneksi layanan Data XL telah meningkat, termasuk juga semakin luas cakupan wilayah layanannya.
Vice President xL North Region, Handono Warih, dalam jumpa persnya di salah satu Cafe di kota Makassar menjelaskan, Peningkatan kualitas jaringan merupakan salah satu bagian penting dari upaya XL meningkatkan kualitas layanan secara menyeluruh. Semakin baik kualitas jaringan akan menopang semua aspek kualitas layanan. tersebut meliputi dua hal, yaitu peningkatan kapasitas dan ekspansi jaringan. Peningkatan kapasitas antara lain dilakukan dengan memperbesar alokasi jaringan hingga 3x lipat. Sementara itu, ekspansi akan terus dilaksanakan di banyak wilayah, termasuk Sulawesi dan Kalimantan sendiri dalam dekat ini.
“Saat ini pergeseran penggunaan layanan voice dan SMS ke aplikasi – aplikasi yang bisa menggantikan keduanya mendorong trafik Peningkatan konsumsi layanan Data juga terus meningkat dari pelanggan XL yang berada di berbagai pelosok daerah yang sebelumnya masih mengutamakan voice dan berkomunikasi. Hal ini menunjukkan semakin luas pelanggan XL dan masyarakat Indonesia yang telah merasakan manfaat positif dari layanan Data digital, termasuk dalam format video. Total trafik jaringan dari seluruh layanan meningkat 162% menjadi sekitar 500 Petabytes per akhir 2016,” kaya Warih, Senin (6/2).
Menurut Warih, pelanggan XL telah bisa merasakan kualitas layanan yang semakin baik, terutama dari koneksi yang makin luas, cepat, dan kuat. Hingga akhir tahun 2016 lalu.
“lebih dari 350 kota/kabupaten telah terjangkau dengan layanan 3G, dan hampir 100 kotalarea terlayani dengan LTE. Ini artinya populasi Indonesia telah terlayani oleh layanan 3G yang berkualitas dari XL. Untuk jaringan 4G LTE telah menjangkau 53% populasi. Semantara itu, total jaringan 2G menjangkau 93% populasi. Dengan demikian,layanan XL telah membuka kesempatan kepada pelanggan untuk menimba manfaat yang lebih maksimal dari teknologi untuk membangun kehidupan dan masa depan yang lebih baik,” jelasnya.
Ia menyebut, XL juga terus berinovasi dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan 4G LTE dengan implementasi BTS 4.5G ready yang akan mendukung teknologi-teknologi 4,5G tanpa perlu upgrade BTS. Teknologi 4×4 MIMO dengan menggandakan jumlah cabang antena BTS dari 2×2 menjadi 4 telah diimplentasikan di Jabotabek, Bandung, kota-kota di Jawa Tengah, DIY, Surabaya dan Denpasar dan memberikan manfaat kenaikan kecepatan data, kekuatan penetrasi sinyal dan kestabilan akses
data, BTS 4.5G ready ini juga sudah mendukung teknologi high modulation 256 QAM yang akan menaikkan kecepatan layanan data 30% diatas jaringan 4G, BTS 4G LTE XL juga sudah siap untuk implementasi penggabungan frekuensi LTE 1800 MHz dengan LTE 2100 MHz (CarrieAggregation).
“Untuk tahun 2017, XL akan meneruskan upaya peningkatan kualitas dan perluasan jaringan dengan menganggarkan lebih dari 80% dari belanja modal (capex), Beberapa rencana yang akan dilakukan terkait hal ini antara lain adalah melanjutkan perluasan wilayah cakupan layanan dengan memanfaatkan layanan 3G melalui frekuensi 900MHz ke wilayah-wilayah baru yang belum tersedia layanan Data. Selain itu, XL juga terus meningkatkan kualitas layanan data melalui perluasan layanan 4G LTE di wilayah-wilayah yang memiliki kebutuhan data tinggi di Indonesia,” tendasnya
Warih menambahkan, Untuk Peningkatan kualitas akses internet dan Data di berbagai pelosok wilayah Tanah Air ini juga diharapkan pembangunan jaringan fiber optic juga akan terus digelar,terutama di Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera.
“Untuk mensosialisasikan keuntungan bagi konsumen dengan adanya peningkatan kualitas jaringan, maka XL meluncurkan kampanye marketing terintegrasi yang meliputi iklan TV iklan digital dan berbagai kegiatan untuk konsumen.Selain itu guna memperkuat citra layanan XL sebagai operator dengan kualitas jaringan yang prima, XL mengenalkan artis Tara Basro sebagai brand Kehadiran Tara Basro diharapkan akan mampu mewakili kepribadian XL yang dinamis, modern dan berani,” katanya. (do).