Wartakita.id MAKASSAR – Sejak tahun 2006, Sumber Daya Manusia di sektor industri kreatif tumbuh pesat sebesar 17, 5% dimana angka ini jauh berbanding dengan tingkat pertumbuhan tenaga kerja nasional yang hanya sebesar 0,54% serta diprediksi setiap tahunnya tumbuh sekitar 5% yang artinya industri kreatif telah memberikan kontribusi positif pada peningkatan perekonomian di Indonesia. Menurut data Departemen Perdagangan, Industri Kreatif telah menyumbangkan sekurang-kurangnya Rp. 104,4 triliun atau rata-rata 4,75% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional, jumlah ini melebihi sumbangan sektor listrik, gas dan air bersih dimana ketiga subsektor yang memberikan kontribusi paling besar secara Nasional yakni : Fashion (30%), Kerajinan (25%) dan periklanan (18%).
Di tahun-tahun berikutnya ekonomi kreatif secara umum dan industri kreatif khususnya diyakini akan menjadi primadona. Ada tiga alasan yang mendasari keyakinan tersebut, yaitu hemat energi karena lebih berbasis pada kreativitas, lebih sedikit menggunakan sumber daya alam dan menjanjikan keuntungan lebih tinggi. Ketiga faktor di atas juga ditopang oleh ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang belimpah. Saat ini jumlah penduduk Indonesia sekitar 240 juta jiwa. Populasi yang berusia 15-29 tahun berkisar 40,5 juta atau hampir 18,4% merupakan pasar yang sangat potensial bagi produk-produk industri kreatif.
Menyadari pesatnya pertumbuhan industri kreatif, PT. Dyandra Promosindo (Event Organizer) dan Indonesia’s Celebes Clothing Association (ICON) menggelar event yang bertajuk ICON FEST “Iconic Clothing Festival” pada tanggal 16-18 September 2016 di Celebes Convention Center (CCC) Makassar. ICON FEST diharapan dapat menjadi wadah bagi seluruh insan kreatif muda makassar sebab ICON FEST menggabungkan pameran clothing dan kreativitas generasi muda yang selaras dengan pertumbuhan ekonomi dari industri kreaitif di tanah air. Event yang diprakarsai oleh pendiri clothing dan distro lokal di Makassar, yaitu : Chambers dan Immortal yang merasa perlu menghadirkan suata perhelatan akbar untuk menandai perkembangan industri clothing di Kota Makassar. Hal tersebut tentunya didukung oleh potensi market di Makassar sebagai salah satu kota di Indonesia dengan penjualan retail clothing terbesar. ICON FEST rencananya akan menggunakan area Hall A dan prefunction gedung CCC sebagai ruang exhibisi dan area outdoor sebagai ruang festival music serta beberapa agenda komunitas, menggunakan total luas kurang lebih 2.500 meter. ICON FEST akan menggabungkan lebih dari 100 Iconic brand Clothing baik Nasional maupun Lokal serta menampilkan area Iconic Music & Food Festival.
ICON FEST sendiri membawa visi secara umum yang diharapkan memberi motivasi bagi masyarakat secara luas, yaitu : Memperkuat Brand clothing Lokal dan Nasional, Meningkatkan Pemasaran bagi industri kreatif dalam jangka panjang dan pendek, sebagai ajang komunikatif yang efektif bagi para pelaku industri kreatif khususnya dunia Clothing line. Serta misi untuk mengedepankan rasa kebanggan menggunakan produk lokal, meningatkan loyalitas konsumen terhadap produk Clothing sesuai dengan market share-nya serta memenuhi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat saat ini.
ICON FEST Siap Pukau Makassar dengan Berbagai Program Acara
Sesuai Taglinenya “Iconing Clothing Festival”, ICON FEST akan dikemas secara unik dan berbeda dibandingkan dengan penyelenggaraan pameran Clothing sejenis lainnya di Makassar sebab menggabungkan beberapa unsur mulai dari ruang exhibisi untuk brand ICONIC Clothing, Iconic Festival music dengan line up baik nasional maupun lokal yang sesuai dengan segmen Clothing tentunya serta hadir pula Iconic Supporting program seperti talkshow dan workshop kreatifprenuer yang akan memberikan ilmu pengetahuan kepada pengunjung mengenai bisnis clothing dan industri kreatif, community activity yang akan membuka kesempatan kepada seluruh komunitas kreatif untuk saling berbagi pengalaman seputar industri kreatif. Sebagai gimmick tambahan akan hadir beberapa kompetisi : seperti Break Dance Competition, Street Gravity Competition, dan Barbershop Challenge. Tidak hanya itu, menandai proses persiapan event akan diadakan pra-event mulai dari POP UP activity di beberapa lokasi dan Clothing Shop, Mobile Activity ke kampus dan sekolah juga beberapa kompetisi seperti Creative Design T-Shirt Competition dan masih banyak lagi.
Dyandra Promosindo selaku Event Organizer ICON FEST mengutarakan bahwa tujuan utama dari penyelenggaraan ICON FEST adalah untuk mendukung perkembangan industri clothing secara Nasional, hal ini terlihat dari konsistensi Dyandra Promosindo dalam menggelar event serupa di beberapa kota besar di Indonesia, mulai dari penyelenggaraan Jakarta Clothing (Jakcloth) di Jakarta, KickFest yang diselenggarakan di Bandung dan Malang kemudian ada The Parade di Jogja serta Indie Clothing Expo (ICE) di Surabaya. ‘Kedepan tentu kita ingin menjadikan ICON FEST sebagai agenda tahunan sekaligus menjadi destinasi event yang ditunggu-tunggu oleh kalangan muda Makassar bahkan mungkin di Indonesia timur. Begitupun bagi ICON sebagai pihak aasosiasi tentu berharap event ini dapat mempertahankan bahkan meningkatkan angka retail serta bisa melahirkan youth preneuer di industi ini agar kedepannya Makassar dikenal tidak hanya sebagai kota konsumsi tapi juga sudah mejadi kota produksi” tutup Mawardha Dj selaku Branch Manager Dyandra Promosindo Makassar.