Wartakita.id, MAKASSAR – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Dirjen IKP bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar mengadakan sosialisasi 4 Tahun Pemerintan Kabinet Kerja malalui kontes flash design dengan tema 4 Tahun Indonesia Kreatif, Jumat (25/1/2019), di Hotel Aryaduta, Makassar, Sulawesi Selatan.
Acara Ini dihadiri oleh Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Rosarita Nike Widyastuti; Direktur Pengolahan Media Kemenkominfo RI, Siti Meiningsih; Tim Komunikasi Presiden, Andoko Darta; Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ichwan Jacub; Kelompok Informasi Masyarakat; dan Relawan TIK Kota Makassar.
Dalam kata sambutannya, Rosarita Niken Widyastuti mengatakan, “Kreativitas sudah tentu akan mendorong inovasi dan inovasi tentu akan menciptakan nilai tambah. Maka dari itu pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) misalnya sejak beberapa tahun belakangan menggulirkan program inspiratif bertajuk ‘IKKON’ (Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara) sebagai bagian pemberdayaan kolaborasi di bidang Ekonomi Kreatif”.
Pertumbuhan sektor ekonomi kreatif sekitar 5,76 persen.
Ini berarti berada di atas pertumbuhan sektor listrik, gas dan air bersih, pertambangan dan penggalian, pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan, jasa-jasa, dan industri pengolahan.
Di bidang IT, hingga tahun 2020, potensi industri aplikasi, game hingga Internet of Things (IoT) di Tanah Air, diproyeksikan mencapai USD130 miliar atau senilai Rp1,734 triliun.
Potensi ekonomi sebesar itu akan datang dari para pelaku industri kreatif, yang mungkin saat ini masih dalam tahap startups.
“Dan Makassar menjadi salah satu kota pencetak anak-anak muda kreatif, yang tidak hanya membanggakan bagi diri sendiri, tapi juga daerah dan secara luas, membanggakan bangsa,” kata R Niken Widyastuti melanjutkan.
Salah satu kanal tersebut adalah Flash Desain seperti yang diselenggarakan ini.
Bekerja sama dengan Tim Komunikasi Presiden, Kementerian Kominfo mengangkat tema ‘Empat Tahun Indonesia Kreatif’.
Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang kreativitas menciptakan generasi muda yang optimis, berpikiran positif, religius, menjunjung nasionalisme, kebhinnekaan, serta menjadi pengguna media sosial yang bertanggung jawab. (*)