Wartakita.id, MAKASSAR – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar, dalam kini dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Firman Hamid Pagarra terus berupaya melakukan inovasi demi terciptanya pelayanan prima yang lebih baik di Dinas yang dinahkodai.
PTSP yang model pelayanan bisa melayani beberapa aktivitas Pemerintah itu. Kini berupaya untuk menjadi pelayan terbaik demi kepuasaan masyarakat. Hal ini diupayakan Firman saat menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) pelaksanaan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Jakarta.
Akademisi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Dr. Sakka Pati, S.H. M.H sangat mengapresiasi inovasi baru yang dilakukan oleh pimpinan Firman di PTSP bintang lima Makassar.
Menurutnya, program inovasi membuat pelayanan bak mall adalah perlu diapresiasi. Pasalnya suasana otu bisa membuat publik akan lebih nayaman pada suasan dan kondisi mereka berada.
“Program yang sangat baik dalam mengimplementasikan visi misi kota Makassar 2014 – 2019,” ujarnya saat dikonfirmasi via seluler, Rabu (27/3/2019).
Ketua Tim Penilai Sombere dan Smart Lorong 2019 ini menyebutkan, secara khusus misi ketiga Pemkot Makassar, yaitu terciptanya pelayanan publik standar dunia yang bebas KKN.
Dikatakan, konsep Makassar menuju Kota duni yang diimpikan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto akan tergambarkan dan diimplementasikan melalui pelayanan yang ada di Dinas tersebut.
“Saya kira inovasi di PTSP adalah puncak dari berbagai inovasi Pemkot selama beberpa tahun terakhir di Era kepemimpinan Pak Danny.
Ia menambahkan, salut pada Dinas PTSP. Halnini dikarenakan pelayanan akan membuat masyarakat aman dan nyaman.
“Salut DPM PTSP. Prinsip pemerintah adalah pelayan masyarakat dengan dengan pendekatan program yang inovatif, dan nyaman,” pungkasnya.
Sebelumnya, Plt Kadis PTSP Makassar, Firman mengatakan, Rakornas MPP bertujuan menyamakan persepsi seluruh kepala dinas PM-PTSP di Indonesia. Menjadikan pelayanan publik yang tergabung dalam MPP.
“Keinginan kita pelayanan lebih baik. Alhamdulillah Makassar sudah memiliki Gedung PTSP Bintang Lima yang nantinya akan menjadi Mall Pelayanan Publik,” kata Firman.
Dia mengatakan, Gedung PTSP Bintang Lima Kota Makassar sudah melayani berbagai jenis layanan publik. Seperti melayani pelanggan PDAM, BPJS, pencatatan sipil, dan pembayaran pajak kendaraan bermotor.
“Kesiapan Makassar dalam menyelenggarakan MPP sesuai amanah Undang Undang sudah dilaksanakan. Akan kami tingkatkan demi menjadikan pelayanan publik di Makassar lebih baik lagi kedepan,” pungkasnya.