Rabu, 9 Juli 2025
  • beranda
  • kontak
  • layanan
  • beriklan
  • privasi
  • perihal
WartakitaID
  • 🏠
  • ALAM
  • WARTA
    • #CEKFAKTA
    • HIBURAN
    • HUKUM
    • OLAHRAGA
    • KESEHATAN
    • KEUANGAN
    • KULINER
    • NUSANTARA
    • PENDIDIKAN
    • GLOBAL
  • GAYA
  • MAKASSAR
  • SEPAK BOLA
  • TEKNOLOGI
  • OTOMOTIF
  • KONTAK
No Result
View All Result
WartakitaID
  • 🏠
  • ALAM
  • WARTA
    • #CEKFAKTA
    • HIBURAN
    • HUKUM
    • OLAHRAGA
    • KESEHATAN
    • KEUANGAN
    • KULINER
    • NUSANTARA
    • PENDIDIKAN
    • GLOBAL
  • GAYA
  • MAKASSAR
  • SEPAK BOLA
  • TEKNOLOGI
  • OTOMOTIF
  • KONTAK
No Result
View All Result
WartakitaID
No Result
View All Result
Home Tekno

Konsisten Implementasikan Strategi 3R, Layanan Data XL Axiata Terus Meningkat Signifikan

by Redaktur
31/07/2018
in Tekno
Reading Time: 6 mins read
A A
Konsisten Implementasikan Strategi 3R, Layanan Data XL Axiata Terus Meningkat Signifikan

Wartakita.id, JAKARTA – Pertumbuhan layanan data terus mendorong pencapaian pendapatan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di semester 1 2018 ini. Tercatat pendapatan layanan data meningkat sebesar 19% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Capaian ini sekaligus menunjukkan terus meningkatnya kontribusi layanan data terhadap total pendapatan layanan per triwulan ke-2 2018 hingga mencapai 79%, lebih tinggi dari capaian tahun lalu di periode yang sama sebesar 67%. Selain itu, pada paruh pertama 2018 ini, EBITDA juga mengalami peningkatan sebesar 2% YoY dengan marjin meningkat menjadi 36,0% sebagai dampak dari meningkatnya pendapatan dan upaya efisiensi biaya.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, “Kinerja XL Axiata di semester pertama 2018 mencerminkan dinamika industri yang semakin kompetitif, dibarengi dengan adanya perubahan struktural di pasar prabayar berupa kewajiban registrasi SIM prabayar. Meskipun dihadapkan pada kondisi industri yang sangat menantang saat ini, kami masih berhasil meraih pertumbuhan pendapatan di periode ini. Selain itu, kewajiban registrasi SIM Prabayar juga memberikan hasil yang positif bagi XL Axiata. Dari performa semester pertama dan dinamika yang terjadi di industri saat ini, kami masih yakin adanya peluang yang lebih baik di semester dua, termasuk jika nanti tarif data yang lebih rasional jadi diberlakukan.”

Dari GSM ke 5G: Menelusuri Evolusi Kecepatan Data Seluler dan Dampaknya

XL Axiata Berhasil Raih Pertumbuhan Double Digit

XL Axiata Boyong Teknologi 5G ke Medan

Siti Choirina Jadi Petinggi PT Pos Indonesia

Dian kembali menegaskan bahwa keberhasilan kali ini tidak terlepas dari keberhasilan implementasi strategi transformasi yang telah dilaksanakan secara disiplin. Strategi transformasi yang diimplementasikan sejak tahun 2015 lalu tersebut telah membantu membangun fondasi bisnis yang lebih kuat, tercermin dari pencapaian kinerja positif semester ini, meskipun terjadi kompetisi yang ketat pada tarif data, juga adanya kewajiban registrasi SIM prabayar. Pertumbuhan pendapatan sebesar 1% YoY di semester pertama ini ditopang terutama oleh pertumbuhan yang berkelanjutan pada layanan Data.

XL Axiata juga tetap berfokus pada layanan Data melalui strategi dual brand, yang diperkuat dengan investasi untuk jaringan berkualitas dan berkelanjutan, sehingga menjadi fondasi kuat bagi XL Axiata untuk tetap bisa meraih peluang dari terus meningkatkan permintaan layanan data di Indonesia. Kinerja XL Axiata saat ini juga menunjukkan keberhasilan dalam menerapkan strategi dual brand di mana merek XL dan AXIS mampu memenuhi ekspektasi segmen pasarnya masing-masing melalui penawaran produk Data yang inovatif dan menarik. Penawaran produk inovatif seperti paket bundel smartphone dan juga paket khusus pada periode Lebaran lalu, yang juga berkontribusi pada kinerja kuartal ini.

Agenda transformasi yang dilaksanakan secara konsisten juga berhasil menempatkan XL Axiata sebagai operator dengan persentase tertinggi di antara para operator dalam hal jumlah pelanggan yang melakukan registrasi SIM prabayar. Dengan demikian XL Axiata juga berhasil mengamankan hampir seluruh basis pemasukan pendapatannya. Agenda transformasi yang dijalankan XL Axiata saat ini memang berfokus untuk benar-benar memperoleh pelanggan riil layanan layanan data yang menggunakan smartphone. Selain itu, XL Axiata mendukung sepenuhnya inisiatif pemerintah untuk menerapkan registrasi SIM prabayar karena akan menghasilkan industri telekomunikasi dan data yang lebih sehat di masa mendatang.

Selama semester pertama ini, XL Axiata telah meluncurkan sejumlah produk inovatif. Melalui brand XL telah diluncurkan paket bundel smartphone XL Xtream 4G yang disertai kemitraan dengan YouTube untuk lebih meningkatkan penggunaan layanan data. Produk ini mendapatkan respon luar biasa karena harganya yang terjangkau dan isi paket yang menarik. Selain itu, juga ada produk paket Haji dan Umroh yang menawarkan fleksibilitas dalam penggunaan layanan roaming selama berada di Tanah Suci. Layanan ini juga meraih respon positif mengingat banyaknya pelanggan yang melakukan perjalanan Umroh sepanjang tahun. Sementara itu, untuk layanan pascabayar XL Prio, juga telah diluncurkan Shopping Point XL dan Shopping Point Booster XL melalui pembelian Internet Shopping Point 24 bulan yang memberikan potongan harga pada pembelian ponsel cerdas.

Kartu AXIS juga terus ditawarkan untuk segmen kalangan anak muda, melalui paket internet HITZ dan Bronet. Penawaran produk-produk tersebut mampu meningkatkan trafik penggunaan layanan data, termasuk ketika masyarakat merayakan Hari Raya Idul Fitri dan berlibur panjang. Pada saat Lebaran, pola konsumsi pelanggan meningkat yang ditunjukkan dengan meningkatnya trafik data hingga 95% dibandingkan tahun sebelumnya, dengan sebagian besar peningkatan didorong oleh layanan 4G. Pendorong utama meningkatnya trafik ini terutama akses pada layanan streaming baik video maupun musik, diikuti oleh web browsing, akses pada pesan instan, dan media sosial.

Penetrasi smartphone pada pelanggan XL Axiata telah meningkat 10 poin persentase menjadi 77% pada akhir semester 1 2018 dibandingkan dengan tahun lalu. Ini berarti XL Axiata saat ini memiliki 40,8 juta pelanggan yang menggunakan smartphone, meningkat 21% YoY dari periode yang sama tahun lalu. Terus bertambahnya pelanggan dengan smartphone tersebut mendorong peningkatan pada total trafik di jaringan XL Axiata sebesar 76% YoY pada semester pertama 2018 ini dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pencapaian ini terutama didorong oleh kenaikan trafik data, sementara di periode yang sama trafik layanan tradisional (voice dan SMS) terus menurun. Mayoritas trafik data XL Axiata saat ini adalah melalui penggunaan layanan 4G.

Untuk kinerja jaringan, investasi pada pembangunan jaringan data berkualitas yang XL Axiata lakukan secara massif telah mampu meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman yang baik pada penggunaan layanan oleh pelanggan. Jaringan 4G LTE milik XL Axiata sekarang telah mencakup 380 kota/kabupaten di hampir seluruh provinsi Indonesia, didukung hampir 25.000 BTS 4G dan lebih dari 49.000 BTS 3G. Investasi di wilayah luar Jawa juga terus berlanjut dan berhasil meningkatkan trafik pemakaian layanan data sekaligus berkontribusi pada kinerja kuat perusahaan. Total jumlah BTS milik XL Axiata, termasuk 2G, adalah sebanyak lebih dari 111.000 BTS.

Hasil aktivitas operasional perusahaan pada Semester pertama 2018 ini, XL Axiata mencatat pendapatan kotor sebesar Rp 11,1 triliun, meningkat 1% YoY didorong oleh pertumbuhan layanan telekomunikasi lainnya yang meningkat 23% YoY. Sementara itu, pendapatan dari layanan telekomunikasi selular tercatat flat berbanding dengan pencapaian periode yang sama tahun lalu, yaitu Rp 10,5 triliun dan berkontribusi 95% terhadap total pendapatan. Adapun pendapatan dari layanan juga flat dibandingkan perolehan tahun sebelumnya, yaitu Rp 9,6 triliun, karena meski terjadi pertumbuhan pendapatan dari Layanan data, namun terjadi penurunan pada pendapatan layanan “legacy” (SMS dan voice). Pendapatan layanan lainnya, terutama interkoneksi dan roaming, meningkat 5% menjadi Rp 900 miliar.

XL Axiata mencatat kerugian sebesar Rp 82 miliar pada 1H18 yang lebih rendah dibandingkan dengan laba Rp 143 miliar yang tercatat pada periode tahun sebelumnya. Hal ini terutama disebabkan oleh EBIT yang lebih rendah sebagai akibat dari meningkatnya biaya Depresiasi dan Amortisasi.

Neraca XL Axiata tetap kuat dengan utang bersih terhadap EBITDA di 1.4x dan perusahaan terus mencapai arus kas bebas (free cash flow) positif. Pada Semester 1 2018, EBITDA meningkat 2% YoY menjadi Rp 4 triliun karena pertumbuhan pendapatan dan efisiensi biaya seiring marjin yang meningkat sedikit sebesar 0,2% YoY. Selama Semester 1 2018, XL Axiata melakukan pembayaran kembali pinjaman bank sebesar Rp1,5 triliun melalui pembiayaan kembali serta pembayaran pinjaman sebesar USD50 juta dan Rp1.040 miliar sukuk melalui dana internal. Mulai 30 Juni 2018, semua pinjaman USD eksternal XL Axiata sepenuhnya telah terlindungi nilainya hingga jatuh tempo.

 

 

 

Tags: TelekomunikasiXL Axiata
Share4Tweet3Send
Diskon Referral 20% Cloud Professional Hostinger Diskon Referral 20% Cloud Professional Hostinger Diskon Referral 20% Cloud Professional Hostinger

ARTIKEL TERKAIT

Roket Ariane 5 Membawa Satelit Telkom 3S Menuju Orbit

Roket Ariane 5 Membawa Satelit Telkom 3S Menuju Orbit

15/02/2017
Microsoft Tingkatkan Upaya Perlindungan dari Bahaya Peranti Lunak Palsu

Microsoft Tingkatkan Upaya Perlindungan dari Bahaya Peranti Lunak Palsu

20/02/2017
drone dengan kamera 50mp kreasi hasselblad dan dji

Drone Dengan Kamera 50MP Kreasi Hasselblad dan DJI

15/07/2016
Xiaomi Luncurkan Pad 6S Pro di Indonesia, Tablet Premium dengan Fitur Lengkap

Xiaomi Luncurkan Pad 6S Pro di Indonesia, Tablet Premium dengan Fitur Lengkap

19/07/2024
Next Post
DP2 Makassar Gelar Pelatihan Peningkatan Produksi dan Pemasaran Olahan Hasil Laut

DP2 Makassar Gelar Pelatihan Peningkatan Produksi dan Pemasaran Olahan Hasil Laut

Himbauan Ketua TP PKK Makassar Dalam Kegiatan Sosialisasi Perundang-undangan

Plt Camat Tamalate Harapkan Koordinator Perketat Pengawasan Kebersihan

Plt Camat Tamalate Harapkan Koordinator Perketat Pengawasan Kebersihan

Plt Camat Tamalate : Sinergitas Dengan LPM, Tamalate Harus Dua Kali Tambah Baik

Plt Camat Tamalate : Sinergitas Dengan LPM, Tamalate Harus Dua Kali Tambah Baik

TERPOPULER-SEPEKAN

  • 10 Model Rambut Pria yang Cocok Untuk Menutupi Pipi Chubby 💈✂️

    10 Model Rambut Pria yang Cocok Untuk Menutupi Pipi Chubby 💈✂️

    2935 shares
    Share 1174 Tweet 734
  • Spesifikasi Rekomendasi PC untuk Main Minecraft Java Edition

    1558 shares
    Share 623 Tweet 390
  • Smoothing dan Coloring Bersamaan Bisa Merusak Rambut?

    3259 shares
    Share 1304 Tweet 815
  • Trend Model Rambut Pria 2023

    2196 shares
    Share 878 Tweet 549
  • Tren Model Rambut Pria Terbaru 2024

    1004 shares
    Share 402 Tweet 251
  • 5 Rekomendasi Potongan Rambut Pria saat Melamar Kerja, Rapi, Simpel dan Stylish

    431 shares
    Share 172 Tweet 108
  • 10 Parfum Pria Terbaik 2024: Aroma Elegan untuk Pria Percaya Diri

    1169 shares
    Share 468 Tweet 292
  • Tips Praktis Mengatasi Android TV Lemot: Bikin Nonton Makin Lancar

    767 shares
    Share 307 Tweet 192
  • Cara Mendapatkan YouTube Music Premium Tanpa Berlangganan

    1002 shares
    Share 401 Tweet 251
  • Mengungkap Keunikan Rumah Tradisional Bugis di Sulawesi Selatan

    299 shares
    Share 120 Tweet 75

WARTA-TERKINI

Kebiasaan yang Menjaga Otak tetap Fit dan Sehat
Warta Kesehatan

Kebiasaan yang Menjaga Otak tetap Fit dan Sehat

02/07/2025

Rahasia Otak Cerdas: 5 Kebiasaan Malam yang Wajib Dicoba! Otak adalah aset berharga yang perlu kita jaga kesehatannya. Lebih dari...

Read moreDetails

Tips Memilih Lipstik Nude yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Tutorial Hijab Simple dan Elegan untuk Sehari-hari

DIY Masker Wajah Alami untuk Kulit Glowing

Trik Eyeliner Simpel untuk Mata terlihat Lebih Besar

Inspirasi Gaya Hijab untuk Acara Formal dan Pesta

Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan AI

Simple Routine untuk Kulit Sehat

Tips Membersihkan Smartphone dari Virus dan Malware

Mengenal Hoaks dan Cara Menangkalnya

DIY Masker Rambut Alami untuk Rambut Lebih Berkilau

LINGKUNGAN-HIDUP

Inovasi Pengelolaan Sampah di Indonesia
Alam dan Lingkungan Hidup

Inovasi Pengelolaan Sampah di Indonesia

13/06/2025

Inovasi Pengelolaan Sampah di Indonesia: Dari Masalah Jadi Berkah Indonesia, negara kepulauan yang indah, sayangnya masih bergulat dengan masalah sampah....

Read moreDetails

Bagaimana Perubahan Iklim Mempengaruhi Kehidupan Kita?

Longsor Gunung Kuda: Luka Lama yang Tak Pernah Sembuh

Cara Mengurangi Sampah Plastik di Kehidupan Sehari-hari

Ketika Istanbul Berguncang 6,2 SR saat perayaan Hari Anak

Gempa M 5,6 Guncang Sukabumi, Getaran Terasa Hingga Jakarta Utara, Bandung dan Purwokerto

Siklon Tropis Errol Menggila di Selatan NTT, Tapi Bukan yang Terkuat di 2025!

  • beranda
  • kontak
  • layanan
  • beriklan
  • privasi
  • perihal

©2021 wartakita media

WartakitaID
  • Login
No Result
View All Result
  • 🏠
  • ALAM
  • WARTA
    • #CEKFAKTA
    • HIBURAN
    • HUKUM
    • OLAHRAGA
    • KESEHATAN
    • KEUANGAN
    • KULINER
    • NUSANTARA
    • PENDIDIKAN
    • GLOBAL
  • GAYA
  • MAKASSAR
  • SEPAK BOLA
  • TEKNOLOGI
  • OTOMOTIF
  • KONTAK

©2021 wartakita media

wartakita.id menggunakan cookies tanpa mengorbankan privasi pengunjung.