Jumat, 24 Maret 2023
  • kontak
  • beriklan
  • privasi
  • perihal
wartakita.id
  • BERANDA
  • PERUBAHAN IKLIM
  • DUKUNG UMKM
  • KONTAK
  • LAYANAN
No Result
View All Result
wartakita.id
  • BERANDA
  • PERUBAHAN IKLIM
  • DUKUNG UMKM
  • KONTAK
  • LAYANAN
No Result
View All Result
wartakita.id
No Result
View All Result
ads ads ads
Home Artikel

Tren dan Peluang Bisnis UMKM di Tahun 2021

Pandemi COVID-19 mendorong kemunculan lebih banyak UMKM di Indonesia.

24 Maret 2021
in Artikel
Reading Time: 3 mins read
A A
Hari Belanja Online Nasional 12.12

Harbolnas kelima kembali diadakan dari tanggal 12–14 Desember 2016, diikuti lebih dari 200 e-commerce yang terdiri atas UKM dan UMKM mau sebagai pesertanya.

Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Wartakita.id –  UMKM bermunculan di masa pandemi covid-19. Berdasarkan data yang dilansir Tokopedia, telah terjadi peningkatan jumlah penjual di platformnya dari yang semula 7,2 juta pada Januari 2020 menjadi lebih dari 10 juta di tahun 2021.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan bahwa Tokopedia berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi.

Perawatan Berkala Ini Sebaiknya Dilakukan Sendiri Oleh Pemilik Mobil

Memahami Infrastruktur yang Dibutuhkan untuk Mobil Listrik di Indonesia

Banyak Tertipu RESI PAKET ternyata Install Aplikasi .APK (android) Untuk Mutasi Rekening

“Dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting,” kata dia, dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Ditambahkannya, menjual produk yang paling banyak dicari masyarakat dapat menjadi strategi yang baik dalam memulai usaha. Oleh karena itu, Tokopedia membagikan beberapa temuan menarik terkait tren penjualan produk yang dapat menjadi inspirasi bisnis bagi masyarakat.

Berikut 5 tren dan peluang bisnis bagi UMKM hasil temuan Tokopedia.

1. Makanan dan Minuman
Kategori F&B menjadi salah satu kategori yang paling populer di Tokopedia menjelang akhir 2020 dengan peningkatan transaksi mencapai lebih dari 3x lipat. Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras.

“Berjualan makanan siap masak juga dapat dijadikan peluang usaha saat ini. Melihat adanya peningkatan penjualan makanan siap masak di Tokopedia menjadi lebih dari 3,5x lipat di akhir tahun 2020,” tambah Ekhel.

2. Kecantikan dan Perawatan Tubuh
Pandemi mendorong terciptanya tren dan peluang baru, termasuk di bidang kecantikan dan perawatan tubuh. Tokopedia mencatatkan adanya peningkatan transaksi pada kategori Kecantikan mencapai hampir 2x lipat menjelang akhir 2020.

Gentle Hour, salah satu pegiat usaha lokal di kategori Kecantikan Tokopedia yang memulai bisnisnya di tengah pandemi, turut mencatat kenaikan transaksi hingga 13x lipat dan berhasil menjangkau pelanggan bahkan hingga ke Papua.

3. Tanaman dan Alat Berkebun
“Berkebun menjadi salah satu hobi yang banyak digemari masyarakat sepanjang pandemi. Adanya kenaikan transaksi lebih dari 4x lipat pada sub kategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019 di Tokopedia, dapat menjadi inspirasi usaha di 2021,” ungkap Ekhel.

4. Produk Olahraga
Menjual beragam produk yang mendukung hobi olahraga populer juga dapat dipertimbangkan menjadi ide usaha. Ekhel menambahkan, “Beberapa olahraga yang digemari selama 2020 berdasarkan pembelian di Tokopedia yaitu bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola atau futsal.”

5. Alat Lukis
Di tengah pandemi, melukis menjadi salah satu hobi yang digemari masyarakat, contohnya aktivitas paint by numbers. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah penjualan produk-produk seperti perlengkapan melukis pada subkategori Office & Stationery di Tokopedia yang mencapai hampir 2x lipat selama 2020.

“Ini juga bisa jadi peluang usaha,” tutup Ekhel.

Tokopedia juga menyediakan pendampingan dan akses terhadap materi edukasi dalam bentuk kelas online atau webinar bagi pebisnis baru atau yang sudah menjadi penjual di Tokopedia melalui Pusat Edukasi Seller. Tema yang diangkat sangat beragam, mulai dari cara membuka toko, tips mendapat pesanan pertama, keuntungan berjualan online, membuat konten promo menarik dan lainnya.

Tags: EkonomiUMKM

ARTIKEL TERKAIT

Toyota Raih Tiga Penghargaan Top Brand Award 2017
Artikel

Perawatan Berkala Ini Sebaiknya Dilakukan Sendiri Oleh Pemilik Mobil

4 Maret 2023
Artikel

Memahami Infrastruktur yang Dibutuhkan untuk Mobil Listrik di Indonesia

3 Maret 2023
Banyak Tertipu RESI PAKET ternyata Install Aplikasi .APK (android) Untuk Mutasi Rekening
TurnBackHoax

Banyak Tertipu RESI PAKET ternyata Install Aplikasi .APK (android) Untuk Mutasi Rekening

5 Desember 2022
Berita

POCARI SWEAT BINTANG SMA 2022 KEMBALI DIGELAR,

7 September 2022
Artikel

Red Bull Basketball Championships 2022

2 September 2022
Sudah Ada yang Inden Sebelum Avanza Veloz Launching
Artikel

Sudah Ada yang Inden Sebelum Avanza Veloz Launching

3 Desember 2021
https://www.youtube.com/watch?v=X4SEeEg658w

ESAI REDAKSI

Asib Ali Bhore

Belikan Anak-Anak Komputer, Informatika Nanti Jadi Kebutuhan Manusia Keempat

Agama dan Kejadian Alam

Tidak Terlalu Cepat Untuk Lailatul Qadr

Vaatu dan Raava

  • kontak
  • beriklan
  • privasi
  • perihal

© 2021 wartakita media

  • Login
  • Sign Up
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • PERUBAHAN IKLIM
  • DUKUNG UMKM
  • KONTAK
  • LAYANAN

©2021 wartakita media

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In