Beranda Gawai

10 Aplikasi Kolaborasi Online Unggulan

Apakah tim Anda kesulitan berkoordinasi? Sudah mulai terganggu dengan banjir pesan dan surel yang tidak teratur tentang pekerjaan Anda? Berikut, alat berkolaborasi yang mungkin bisa menyelesaikan kedua masalah tadi, dan mengurangi notifikasi surel maupun pesan, pekerjaan selesai dengan efisien dan (paling penting) menyenangkan.

Group Messenger

1. Slack: aplikasi ini amat populer, kemungkinan kantor Anda sudah menggunakannya tanpa Anda ketahui. Jika belum, aplikasi berbasis komputasi-awan online mestinya menjadi pilihan pertama. Menyediakan saluran dan tema berbeda untuk setiap tim, notifikasi yang bisa diatur, pengarsipan, dan fitur pencarian membuat Slack menjadi alat yang asyik untuk saling berkirimm pesan koordinasi dan sekaligus menyimpan percakapan lama untuk referensi di kemudian hari. Cukup banyak yang menggunakan Slack untuk penggunaan pribadi di luar urusan dan jam kerja, jadi kemungkinan tim Anda akan menyukainya.

2. Workplace by Facebook: Jika mencari sebuah sistem yang populer di luar pekerjaan, Workplace by Facebook membolehkan anggota tim anda mengirim pesan langsung, obrolan grup, membuat group untuk tim, dan menggunakan fitur informasi terbaru dengan aneka fitur yang sudah dikenal akrab oleh pengguna media sosial. Platform ini juga bisa diintegrasikan dengan Microsoft Office yang amat familiar di lingkungan dunia kerja.

3. Hangouts Chat: Kami memprediksi transfomasi Google Hangout dari sebuah layanan konsumen menjadi sebuah perusahaan yang akan memberi dampak besar setelah dirilis. Fitur obrolan terbaru terintegrasi dengan G suite, memiliki ruang proyek virtual dan fitur pencarian dengan filter, bahkan sebuah chatbot yang akan membantu Anda mengatur jadwal pertemuan dengan tim Anda pada Google Calendar. Dipasangkan dengan Hangouts Meet, fitur video konferensi, yang membuat aplikasi messenger ini menjadi pilihan di kantor apalagi bila anggota tim Anda menggunakan ponsel Android.

4. Hipchat: Jika perusahaan Anda menggunakan Atlassian’s Jira untuk manajemen proyek, Anda mungkin akan melirik Hipchat, fitur obrolan ERP Atlassian’s yang amat mirip dengan Slack—team channels, fitur pencarian topik diksusi dan terintegrasi denngan seluruh produk Atlassian’s.

5. Skype for Business: Pengguna Skype mungkin telah terbiasa bertahun-tahun sebelumnya dengan fitur utama skype, video calls. Setelah diambil alih Microsoft, Skype menjadi ramah pelaku bisnis dengan menggabungkan fitur dari aplikasi Lync yang dulu dikenal sebagai Microsoft Offiice Communicator. Sekarang, dengan Skype for Business, tim Anda akan terbiasa dan mahir dengan tampilan pesan langsung, telepon suara, teleppon video, video konferensi, dan tatap muka satu persatu di sebuah ruangan dengan banyak orang.

6. Microsoft Teams: Ketika Microsoft memperkenalkan ‘Teams’, tampilannya sering disamakan dan dibandingkan dengan Slack. Namun sejak “Teams” dibuat untuk melengkapi Office 365, terintegrasi penuh dengan aplikasi dan program buatan Microsoft, dan jelas praktis bila tim Anda adalh pengguna Offiice 365.

Alat Pembagi Tugas yang Berkomunikasi dengan baik

7. Asana: Adalah salah satu yang paling fleksibel dari alat komunikasi manajer proyek di luar sana. Menyediakan fitur “Team Conversations” tab yang memungkinkan Anda mengirim berita dan tugas pada setiap tim atau grup yang Anda atur. Anda bisa menggunakan @mention untuk memberi tahu grup atau person yang Anda tuju lengkap dengan tugasnya yang tampil sebagai tautan. Asana memastikan Anda hanya mengirim tugas pada orang yang tepat dan tidak membuang waktu semua orang dengan mem-broadcast ke semua anggota grup.

8. Volerro: Volerro menggunakan Kanban boards, khas gaya Jepang dalam mengatur pekerjaan yang memecah sebuah proyek besar menjadi keping mozaik kecil. Kanban boards mudah dilihat mata; cara yang luar biasa untuk melihat status terakhir dari sebuah proyek bagi unsur di luar proyek yang membutuhkan laporan ringkas. Sebagai tambahan, Volerro juga dilengkapi dengan fitur komunikator, klik untuk pertemuan, dan chat box untuk banyak pengguna yang bekerja diproyek yang sama.

Perangkat Kolaborasi All-in-one

9. Igloo: Kadang memang masuk akal bila dunia usaha ingin menggunakan sesuatu yang menawarkan semuanya. Igloo adalah aplikasi yang bekerja dalam jaringan lokal intranet yang menggeunakan kalendar, manajemen konten, tapi juga membolehkan pengguna berbincang dan membuat tulisan dalam forum.

10. Podio: Citrix’s Podio mungkin salah satu aplikasi all-in-one yang cocok untuk pelaku bisnis yang usahanya masih berkembang. Fitur dan kapasitasnya mudah disesuaikan sesuai kebutuhan dan perkembangan (bahkan memiliki app store sendiri).

Komentar

BERBAGI