Beranda Olahraga Sepak Bola

PSM Kokoh Dipuncak Sekaligus Patahkan Rekor Buruk 12 Tahun

Pesepak bola PSM Makassar Willen Jan Pluim berusaha melewati pesepak bola Persipura Jayapura pada laga Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sabtu (3/6). PSM menang 5-1 atas Persipura. Wartakita/Gun

Wartakita.id, MAKASSAR – PSM patahkan rekor buruk 12 Tahun tidak pernah menang atas Persipura sekaligus mengokohkan diri sebagai pemuncak klasemen usai mempermalukan tim asal Papua itu dengan skor telak 5-1 dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Mattoanging Makassar, Sabtu (3/6) malam.

Lima gol yang memberikan banyak makna itu masing-masing dipersembhkan tiga pemain asing tim “Juku Eja” yakni Reinaldo Elias da Costa (menit ke-6 dan 62), Wiljam Pluim (menit ke-54) dan Marc Anthony Klok pada menit ke 31 dan 58.

Jalannya pertandingan, ambisi merebut kemenangan demi menjaga posisi sebagai pemuncak klasemen sementara membuat PSM tanpa ragu untuk bermain agresif sejak pertandingan dimulai.

Marinus mendapatka kartu merah setelah terlihat jelas menyundul muka pemain PSM Reva Adi Utama. wasit Abdurahman Salasa yang berada tepat didepan kejadian tanpa ragu memberikan kartu merah langsung bagi pemain tersebut.

Tampil dengan keunggulan satu pemain semakin memotivasi para pemain PSM untuk bermain terbuka. Marc Anthony Klok langsung memberikan ujian dengan tendangan keras ke gawang Persipura Jayapura, namun tendangannya masih jauh.

Reinaldo akhirnya mampu mencetak gol cepat ketika pertandingan baru berjalan enam menit. Gol ini berawal dari kegagalan Dominggus Fakdawer mengantisipasi bola yang akhirnya mampu dimanfaatkan Reinaldo untuk mengecoh pengawa gawang Persipura yang dijaga Yoo Jae Hoon.

Pada menit ke-11, PSM mendapatan tendangan bebas didepan kotak penalti. Wiljam Pluim yang mengambil eksekusi mampu menerobos pagar betis Persipura namun masih bisa diredam kiper Persipura

Memasuki menitk ke-23, Klok memberikan umpan kearah gawang yang mampu dibelokkan dengan sundulan oleh Wiljam Pluim. Namun penampilan kiper Persipura juga tidak kalah bagus dengan sukses melakukan bloking.

Yo Jae Hoon kembali mampu melakukan penyelamatan luar biasa empat menit berselang. Sundulan Winjam Pluim yang mengarah atas mistar gawang berhasil dibelokkan dan hanya menjadi tendangan sudut untuk PSM.

Pemain PSM Makassar menyapa suporter sebelum laga lanjutan Liga 1 Gojek-Traveloka, di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (3/6/2017). PSM Makassar menjamu Persipura Jayapura. Wartakita/Gun

Mendapatkan tekanan yang begitu intens, membuat pemain bertahan Persipura bermain lebih keras. Seperti terjangan Dominggus Fakdawer terhadap Titus Bonai sekaligus berhadih kartu kuning. Sebaliknya terjangan ini mebuat Titus Bonai tidak mampu melanjutkan pertandingan dan digantikan M Rahmat.

Pada menit ke-31, PSM akhirnya mampu memperlebar keunggulan menjadi 2-0 melalui tendangan bebas Marc Anthony Klok. Meski melahirkan beberapa peluang namun skor tetap bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Willem Jan Pluim langsung memberikan ancaman nyata bagi gawang Persipura. Sayang tendangan sedikit diluar kotak penalti msih melabung diatas mistar gawang.

Menit ke 50, Yoo Jae Hon kembali mampu melakukan penyelamatan dari ancaman Wiljam Pluim. Begitupun seminit kemudian, giliran tendangan Klok yang mampu ditepis dan menjaga gawangnya tidak kebobolan lebih banyak.

PSM Makasar kembali menambah keunggulan menjadi 3-0 melalui kaki Wiljam Pluim pada menit ke 54. Gol ini berawal dari tusukan M Rahmat yang mampu melewati hadangan lawan sebelum memberikan umpan manja ke depan gawang yang denan mudah mampu dicocor bola dengan sentuhan.

Para pemain PSM merayakan gol yang dicetak Wiljan Pluim ke gawang Persipura pada liga gojek-traveloka di Stadion Mattoanging Makassar, Sabtu (3/6). PSM menang 5-1 atas Persipura. Wartakita/Gun

Pesta gol terus berlanjut dengan lahirnya gol ke empat dari kaki Klok pada menit 58. Kali ini giliran Wiljam yang memberikan sodoran manis kedepan gawang sebelum akhirnya dimanfaatkan secara sempurna oleh Marc Anthony Klok.

Gol ke lima PSM akhirnya kembali tercipta melalui gol Reinaldo Elias da Costa pada menit ke 62. Gol ini kembali hasil dari kreasi Wiljam Pluim yang mampu melewati hadangan dua pemain sebelum menyodorkan umpan manis ke Reinaldo.

Sementara tim Persipura hanya mampu memperkecil ketertinggal menjadi 1-5 melalui gol dari tendangan keras Adison Alves.

Komentar