Beranda Makassar

Pemkot Makassar Resmikan Dua Nama Jalan Pada HUT ke-410 Kota Makassar

Peresmian nama Jalan Landak Baru di Kecamatan Mamajang, resmi berganti menjadi Jalan Andi Djemma, Kamis (9/11/2017). Pergantian nama jalan ini dirangkaikan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-410 Kota Makassar.

Wartakita.id, MAKASSAR Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar secara resmi melakukan penggantian dua nama jalan, bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-410 di Kota Makassar, pada 9 November 2017.

Jalan yang mengalami pergantian nama, yaitu Jalan Landak Baru berubah menjadi Jalan Andi Djemma. Kemudian Jalan Kakatua menjadi Jalan Pajonga Dg Ngalle.

Wali Kota Makassar Moh Randhan Pomanto bersama Wakil Wali Kota Syamsu Rizal meresmikan langsung pergantian nama jalan ini.

Hadir mendampingi, Keluarga Besar Andi Djemma, tokoh masyarakat Luwu, dan Aliansi Wija to Luwu.

Danny Pomanto dalam sambutannya mengatakan penghormatan pada sejarah adalah tema saklar pada HUT kali ini yang diwujudkan salah satunya dalam bentuk menjadikan nama pahlawan sebagau nama jalan.

“Saya mohon maaf, sudah lama aspirasi ini diperjuangkan oleh para tokoh, memperjuangkan penghargaan jasa pahlawan kita. Alhamdulillah hari ini diwujudkan dengan niat tulus dan suci pada momen HUT Makassar,” kata Danny.

“Terima kasih kepada semuanya, siang malam menelepon dan datang ke rumah memperjuangkan ini, terima kasih semua ke tokoh yang mendukung,” ucapnya.

Terkhusus penetapan nama Andi Djemma sebagai salah satu nama jalan di ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini, merupakan tindaklanjut dari usulan mahasiswa IPMIL Raya. Mengingat Raja Luwu yang wafat pada 23 Februari 1965 ini, telah dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Republik Indonesia tanggal 8 November 2002.

Sementara, Pajonga Dg Ngalle adalah salah seorang pahlawan nasional Indonesia asal Kabupaten Takalar. Ia salah satu tokoh yang berperan penting dalam mendukung pemerintahan RI di Sulawesi. (*)

Komentar