Beranda Iptek

Mirrorless Fujifilm X-T100 Alternatif Kamera DSLR

Wartakita.id – Fujifilm secara resmi menghadirkan kamera mirrorless terbaru mereka dalam bentuk X-T100, Senin (28/05/2018). Dari segi desain, kamera ini hadir dengan bodi retro mirip dengan desain seri X-T terdahulu, dengan tiga tombol kontrol di bagian atas.

Baru dua tahun setelah Fujifilm mengeluarkan kamera mirrorless X-A5, baru-baru ini perusahaan itu kembali merilis kamera mirrorless X-T100. Fujifilm merombak sebagian besar komponen X-A5 menjadi paket yang sedikit lebih maju dalam X-T100.

Tapi, sama seperti X-A5, X-T100 masih dimaksudkan untuk pemula (entry-level), yang menginginkan kamera lebih kecil dan lebih fleksibel dibandingkan DSLR tanpa mengurangi kualitasnya.

X-T100 menambahkan jendela bidik (viewfinder) elektronik OLED dan layar sentuh flip-out (yang juga dapat dimiringkan). Desain X-T100 mirip dengan desain kamera high-end Fuji lainnya seperti, X-T2. Itu membuat desain kamera X-T100 dapat bersaing dengan desain kamera seperti, Olympus OM-D E-M10 III dan desain kamera Sony yang jauh lebih mahal.
baca juga:

Namun, X-T100 tetap memiliki beberapa kelemahan. Sama dengan kamera sekelasnya, X-T100 tidak menggunakan Fujifilm X-Trans CMOS. X-T100 masih tetap menggunakan sensor CMOS tradisional serta hanya bisa mengambil 15 frame (gambar) per detik.

Selain itu, kamera alternatif dSLR ini memiliki masa pakai baterai yang tentu saja masih lebih pendek dari dSLR asli.

Namun X-T100 tetap memiliki keunggulan dibandingkan kamera mirrorless lainnya. X-T100 memiliki rating 430-shot dan itu cukup bagus untuk sebuah kamera mirrorless.

Fujifilm juga menyatakan bahwa teknologi Bluetooth yang diusung X-T100 memiliki daya rendah sehingga tidak terlalu menguras baterai. Sebelum memindahkan foto, pastikan perangkat mobile Anda telah terpasang aplikasi Fujifilm Camera Remote yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

Sensor yang digunakan pada kamera ini memiliki tipe APS-C dengan resolusi 24,2 MP. Fujifilm mengklaim bahwa rangka bodi X-T100 dibuat dari material alumunium anti karat serta berkelas. Kamera tersebut juga memiliki bobot dengan hanya 448 gram, sudah termasuk baterai dan kartu microSD.

Dalam hal autofocus, XT-100 dilengkapi dengan sistem deteksi gerakan autofocus serta algoritma mutakhir sehingga menjadikannya lebih cepat dan akurat ketika menentukan titik fokus. Sistem Intelligent Hybrid AF digadang-gadangkan mampu memberikan kebebasan bagi pengguna untuk menangkap momen-momen secara instan dan akurat. Pada seri ini, SR+ Auto Mode telah mengombinasikan teknologi pengenal subjek dan gambar, fungsi otomatis ini menjadikan X-T100 mudah digunakan oleh siapapun.

Tersedia dalam warna Dark Silver, Black, dan Champagne Gold, Fujifilm menjual kamera mirrorless X-T100 dengan harga Rp 8.999.000 untuk paket body only. Namun jika Anda menginginkan lengkap dengan lensa kit XC 15-45mm, siapkan kocek Rp10.499.000.

Komentar