Beranda Hukum

Periksa Sebelum Membagi, Polisi Akan Pidanakan Penyebar Hoax Lion Air JT610

Video yang banyak beredar di WAG dan viral di sosmed dipastikan bukan dari Lion Air JT-610, tapi dari penerbangan Lion Air beberapa tahun lalu dari Jakarta ke Padang yang mengalami turbelensi, dan pesawat tetap mendarat, seluruh penumpang selamat

Wartakita.ID, Jakarta – Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono menegaskan akan mengusut akun sosial media yang menyebarkan informasi hoaks soal jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

“Kepada pihak-pihak yang memiliki informasi hoaks tidak dibenarkan dan bisa dikenakan undang-undang pidana. Masalah pengusutan, kami komunikasi kan dengan Ditreskrimsus,” ujar Argo di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Ia pun mengimbau agar masyarakat tidak termakan berita hoaks terkait peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air. Warga juga diminta tidak ikut menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya terkait insiden tersebut.

“Imbauan kepada masyarakat biar tidak mendramatisir berkaitan dengan kejadian ini,” kata dia.

Sebelumnya, pesawat Lion Air tipe Boeing 737 8 Max dengan Nomor Penerbangan JT 610 milik Lion Air yang terbang dari Bandara Soekarno Hatta pada Senin pagi pukul 06.20 WIB menuju Pangkal Pinang, Bangka Belitung jatuh di perairan Tanjung Karawang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Usai insiden itu, banyak beredar informasi hoaks bersebaran di media sosial. Informasi hoaks tersebut berkeliaran mulai dari akun sosial media hingga grup percakapan WhatsApp.

Komentar

BERBAGI