Sun spot (bintik hitam) terbesar di Matahari berbentuk “hati” pertama kali terlihat oleh NASA Solar Dynamics Observatory pada tanggal 1 Januari 2014, dan kemarin (22/4) menghadap ke salah satu sisi Bumi. Matahari menyalami “Hari Bumi” dengan menunjukkan ‘hatinya’. Manusia mestinya malu melihat bagaimana sesama komponen sistem tata surya saling mencintai.
Rasio ukuran bintik hitam Matahari dan BumiBumi tanpa sistem tata surya yang berada dan beredar dalam keteraturan mustahil planet biru layak huni bagi manusia.
Bumi tanpa manusia pasti akan bertahan. Sistem tata surya tidak butuh manusia, manusia yang butuh. Menurut para ilmuwan tidak kurang 5 kali bumi telah mengalami kiamat, toh bumi tetap bertahan. Umat manusia dan mahluk hidupnya yang diganti baru.
Alam bertahan karena tidak serakah. Dari skala mikro-kosmos hingga makro-kosmos. Atom-atom yang saling mengikatkan diri dengan atom lain, tidak pernah mengikat melebihi jumlah kaki-kakinya.
Volume lambung manusia tidak lebih besar dari volume otak tapi sanggup meratakan gunung dan mengeringkan laut. Manusia sanggup menimbun harta untuk dipakainya seorang diri hingga mengalami 10 kali mati, atau 630 tahun (asumsi usia rata-rata manusia 63 tahun).
Alam tidak rasial, tidak ingin menonjolkan diri atau golongannya. Sembilan planet (asumsi Pluto masih termasuk planet) berbagai ukuran, warna, dan zat penyusun bila ada salah satunya saja sedikit sombong dan pamer, misalnya berotasi lebih cepat dari seharusnya, chaos dan kiamat.
Alih-alih rasial, 9 planet kalem mengitari satu bintang besar, Matahari. Tarian planet Bumi dan Venus saat mengelilingi Matahari membentuk pola yang indah:
Kiamat yang dulu dianggap tidak logis, ‘dongeng’ kitab-kitab suci bagian dari sistem keimanan yang ‘absurd’, makin ke sini makin masuk akal. Kutub Utara Bumi saja bisa bergeser, rotasi bumi melambat, dan sebab-sebab lain yang makin membuat kiamat logis. Semua karena ulah kita, manusia.
Bukan kiamat dari sudut pandang agama atau tafsiran-tafsiran manuskrip. Membahas dari sudut tersebut, dengan kondisi sekarang mungkin tidak akan pernah menyentuh inti persoalan bagaimana mencegah saat kesempatan masih ada. Seperti yang sudah-sudah, manusia akan lebih sibuk ‘merasa paling selamat’ atau malah bablas merasa Tuhan dan ‘mampu meyelamatkan’ ketimbang meraih kemungkinan selamat yang masih diciptakan sekarang.
Keselamatan dalam konteks beragama, andai semua umat beragama di dunia memahami ajarannya dengan baik dan benar, perubahan iklim tidak akan separah sekarang.
Jangan terburu-buru menarik kesimpulan bila agama tidak bisa menjadi jalan keluar, malah jadi sumber persoalan, maka keberadaan agama patut dipertanyakan dan atheis adalah jalan keluar.
Mengadu ketidakyakinan pada agama dan Tuhan dengan keyakinan beragama, agak anu secara logika, memposisikan ketidakyakinan pada keyakinan sebagai keyakinan baru, rancu. Padahal atheisme adalah gerbang pertama setelah menggugurkan beragam tafsiran tentang ‘tuhan’ menuju pemahaman yang lebih murni tentang Tuhan. Seperti kisah Ibrahim –bapak para nabi pembawa empat ajaran agama besar di dunia– saat ‘membunuh’ tafsiran dan persepsinya akan Tuhan.
Pada kesempatan yang lain, semoga sempat menulis mengapa penganut agama malah menjadi sumber masalah ketimbang menjadi pembawa manfaat. Masih ada hal yang bisa dikerjakan secara bersama-sama oleh umat manusia, yang tidak terpengaruh dengan perbedaan dan persepsi, menyehatkan bumi kembali.
Kiamat di sini adalah, saat alam mencari keseimbangan baru, manusia belum tentu sanggup bertahan. Saat alam menyeimbangkan diri, manusia ‘hanya’ akan dianggap sebagai materi dan komponen semesta, bukan sebagai mahluk bernyawa, yang juga (akhirnya harus) tunduk patuh pada hukum-hukum keteraturan dan keseimbangan alam semesta.
Kita lebih butuh setiap hari sepanjang tahun adalah hari khusus manusia, ketimbang hari Bumi setahun sekali. Sebelum alam menarik garis batas, tanda akumulasi kerusakan yang dibuat manusia telah melampaui ambang batasnya untuk mencari keseimbangan baru.